Selasa, 17 Maret 2015

RAPAT AKHIR TAHUNAN 2014 PRIMKOPPOL POLRES TEGAL KOTA , KAPOLRES INGATKAN FILOSOFI DAN HAKEKAT KOPERASI

Tegal Kota , sebagai salah satu bagian dari Polres Tegal Kota yang membantu dalam meningkatkan kesejahteraan anggota beserta keluarganya dalam menata perekonomian dimana sesuai dengan tujuan Koperasi , Primkoppol sebagai usaha mewujudkan masyarakatyang maju, adil dan makmur dan bukan semata-mata mencari keuntungan yang besar melainkan melayani kebutuhan anggota bersama serta wadah partisipasi pelaku ekonomi skla kecil.

Dalam penyelenggaraan tentunya harus ada pengawasan dan evaluasi pelaksanaannya  sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada seluruh anggota dan hal itu disampaikan melalui Rapat Akhir Tahunan (RAT) yang merupakan kekuasaan tertinggi dalam tata kehidupan Koperasi yang berarti berbagai persoalan dan permasalahan mengenai suatu Koperasi hanya ditetapkan dalam rapat anggota tersebut.

Terkait hal ini bertempat di Gedung Bhayangkari Mapolres , Selasa (17/03) digelar Rapat Akhir Tahunan (RAT) Laporan Pengurus dan Pengawas materi pertanggung jawaban Ke-37 tutup buku tahun 2014 periode 2013-2015 Primkoppol Polres Tegal Kota yang dihadiri Kapolres AKBP Bharata Indrayana,Sik bersama Wakapolres Kompol Robert Sihombing,SH,MH serta Dewan pengawas Kepala Disperindag UMKM Kota Tegal Drs Khairul Huda dan Ketua Dekopinda Drs S Junaedi ,M.pd berikut seluruh anggota Primkopol Polres Tegal Kota .

Dalam sambutanya Kapolres sebelumnya menyampaikan apresiasi terhadap kinerja dan pelaksanaan Primkoppol yang mana dalam pembagian SHU yang dibagikan kepada anggota mencapai Rp 900 jutaan dan hal itu merupakan 50% dari keseluruhan dana Primkoppol Polres Tegal Kota yang mencapai hampir Rp 1,9 Milyard sehingga diantara anggota yang mendapat SHU ada yang menerima hingga sejumah Rp 19 juta.

Selanjutnya dari hal tersebut Kapolres mengharapkan agar hasil kinerja itu diperoleh melalui hasil usaha bukan hanya melalui simpan pinjam saja karena disisi lain banyak gaji anggota yang terpotong dan dampaknya penghasilan untuk keluarga semakin berkurang karena untuk melunasi kewajiban pinjaman tersebut apalagi hingga mempunyai jasa peminjaman ditempat lainnya.

 Oleh karenanya agar Koperasi berkembang tidak monoton, Kapolres berharap Primkoppol mempunyai terobosan kreatif untuk memajukan Koperasi dengan pengadaan sumber usaha yang baru dengan tidak bertumpu hanya kepada simpan pinjam anggota saja , misalnya dengan jual beli ataupun pengadaan alat tulis kantor dan lain-lain dan dinggatkan agar jangan berhutang hanya untuk kebutuhan komsumtif saja

Kapolres juga menghimbau para pengurus dan anggota saling mendukung, bekerjasama dan saling memperkuat yang mana dukungan terhadap koperasi akan lebih di fokuskan pada kebijakan dan penguatan kelembagaan / permodalan, termasuk selalu ingat filosofi atau hakikat dasar koperasi yakni “ Koperasi di miliki oleh anggota, di jalankan oleh anggota. “ esensinya adalah kerjasama, setia kawan, saling menolong dan mengawasi agar koperasi dapat terus maju dan berkembang. Tegasnya.

Selanjutnya melalui bendahara Primkoppol IPTU Abdul Munir,SH memaparkan, bahwa Primkopol Polres saat ini mempunyai 554 orang anggota yang terdiri dari Polri dan PNS termasuk Purnawirawan dengan modal per 31 Desember 2014 sebesar Rp. 6.286.957.000 rupiah dan jumlah kekayaan per 31 Desember 2013 sebesar Rp. 11.909.823.495 rupiah.Kegiatan diakhiri dengan pembagian Door prize kepada anggota dengan hadiah utama berupa 1 unit Kulkas dan sebuah mesin cuci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar