Selasa, 23 September 2014

MELALUI SISKAMPLING , KAPOLRES AJAK MASYARAKAT BERPERAN AKTIF JAGA KAMTIBMAS LINGKUNGAN


Tegal Kota, Jum’at (19/09) Dalam rangka mendekatkan diri kepada warga masyarakat Walikota Tegal dan sejumlah Forkompinda diantaranya Bapak Kapolres Tegal Kota AKBP Bharata Indrayana,SIK mengadakan Dialog Interaktif bersama warga Kelurahan Cabawan Kec.Margadana Kota Tegal juga hadir pula Kepala SKPD di jajaran Pemkot Tegal dan warga Kelurahan Cabawan. Dalam Sambutannya Walikota Tegal Hj Siti Masitha Soeparno meminta gerakan “Sepiring Nasi Go Cabawan” digiatkan kembali. Sepiring Nasi Go Cabawan adalah bentuk kepedulian dan partisipasi masyarakat Kelurahan Cabawan yang berprofesi sebagai pengusaha Warung Tegal (warteg) dalam pembangunan kampung halamannya.

“Gerakan Sepiring nasi digiatkan kembali. Buktikan bahwa masyarakat cabawan peduli terhadap pembangunan Cabawan,” ungkap Walikota saat Dialog Interaktif dengan warga Kelurahan Cabawan yang diawali dengan Monitoring Wajah Kota dengan Bersepeda, di Balai Kelurahan Cabawan.

Dengan gerakan ini setiap hari, pengusaha warteg iuran sebesar harga satu piring nasi. Kemudian uang yang terkumpul digunakan untuk membangun sarana prasarana di Kelurahan Cabawan. Antara lain yang telah terwujud yakni Balai Kelurahan Cabawan dengan dana pembangunan Rp. 400 juta pada tahun 2003. Pembelian tanah Makam Mbah Surya sebesar Rp. 75 juta dan pembangunan Masjid Darussalam dengan menelan biaya sebesar Rp. 700 juta.Ungkapan Walikota didasarkan adanya keinginan warga Kelurahan Cabawan yang akan mendirikan Madrasah dan TK, namun dana pembangunannya masih kurang.

Sementara Harun Abdul Manaf, mantan Anggota DPRD Kota Tegal yang juga sesepuh Kelurahan Cabawan, menyebutkan hasil-hasil pembangunan di Kelurahan Cabawan banyak dimotori oleh gerakan Sepiring Nasi ini. Jumlah penduduk Cabawan pada tahun 2013 sebanyak 6.013 dan 80 persennya merupakan pengusaha warteg.

Kapolres Tegal Kota juga menyisipkan pesan-pesan Kamtibmas mengingat sekarang ini marak sekali berbagai macam tindak kejahatan antara lain Curat,Curas,Curanmor dan masih banyak yang lainnya. Dikarenakan minimalnya jumlah personil Polri khususnya Polres Tegal Kota Maka demi menjaga situasi Kamtibmas agar aman dan kondusif Kapolres Tegal Kota mengajak warga masyarakat untuk ikut berperan serta aktif dalam menjaga keamanan diantaranya dengan menggalakan giat Siskampling. Para warga kelurahan cabawan terlihat sangat antusias dalam mengikuti acara ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar