Selasa, 15 Juli 2014

ANTISIPASI LAJU INFLASI , POLRES SIAPKAN PENGAMANKAN BERIKUT MONITORING HARGA BARANG

Tegal Kota, jajaran Polres Tegal Kota akan menyiapkan pengamanan dan pengawalan pendistribusian barang termasuk monitoring berikut tindakan apabila ada indikasi ditemukan adanya penimbunan barang maupun sembako “ hal tersebut disampaikan Kapolres menanggapi perkembangan inflasi.

Dimana proses meningkatnya harga secara umum dan terus menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang disebabkan berbagai faktor ,yang mana  Inflasi dapat berdampat positif dan negatif yang secara umum menyebabkan nilai uang menurun sehingga daya beli masyarakat juga berkurang.

Menyadari hal itu tugas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kota tegal bersama instansi terkait berupaya menjaga kestabilan harga guna mengendalikan tingkat inflasi agar tidak terlampau tinggi yang berakibat menurunnya daya beli masyarakat berkurang, hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (HLM TPID) Kota Tegal , Selasa (15/07) bertempat di Banking Hall Bank Indonesia cabang Tegal.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Tegal Kota AKBP Bharata Indrayana,Sik bersama Walikota Tegal selaku Ketua TPID dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal Bandoe widiarto serta para kepala kantor maupun instansi terkait lainnya termasuk perwakilan Ketua TPID ex-Wilayah pekalongan.

Inflasi kota tegal bulan juni 2014 tercatat sebesar 0,60% dimana lebih tinggi dibandingkan bulan mei yang tercatat 0,01% yang merupakan tertinggi ketiga setelah kota Cilacap dan semarang yang sesuai pola jelang perayaan keagamaan perkembangan harga kebutuhan pokok cenderung meningkat.

Meski demikian secara tahunan Kota Tegal bulan juni 2014 tercatat sebesar 5,68%(yoy) yang merupakan inflasi terendah dibandingkan kota-kota penghitungan inflasi lainnya di Jawa tengah namun masih berada diatas target inflasi nasional yakni sebesar 4,5+1%.

Selanjutnya dalam waktu dekat TPID akan melaksanakan Koordinasi dengan Kemenag melalui para dai dalam ceramah keagamaan berupa himbauan agar masyarakat tetap berhemat dan bertindak bijaksana terlebih dengan adanya kenaikan harga .

Terkait hal tersebut , jajaran Polres Tegal Kota juga akan mengelar hal yang sama diantaranya melalui himbauan-himbauan Kamtibmas yang disampaikan baik melalui bhabinkamtibmas juga melalui kegiatan safari kamtibmas baik Safari Subhuh , Jumatan maupun gereja keliling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar