Rabu, 06 Mei 2015

ANTISIPASI TINDAK KEJAHATAN SKIMMER SCAM , DIALOG INTERAKTIF POLISI KITA GAMA FM

Tegal Kota , banyaknya inovasi sejalan dengan majunya perkembangan jaman termasuk dengan tindak kejahatan melalui transaksi ATM dengan berbagai teknik dan modusnya diantaranya Skimmer Scam dimana korban tiba-tiba saja kehilangan saldo rekeningnya akibat dibobol oleh para pelaku dan hal ini perlu disikapi dan diwaspadai oleh semua fihak terutama warga masyarakat Kota Tegal.

Modus operasi para pelaku dengan memasang skimmer di mulut ATM yang selanjutnya alat tersebut akan membaca data saat pemilik kartu atau korban melakukan transaksi maupun pengambilan uang pada alat ini, maka seluruh data akan berpindah dan terekam dimana setelah data nasabah didapat, pelaku tinggal memasukkan ke dalam kartu ATM lainnya mereka dengan leluasa menguras uang nasabah.

Hal tersebut disampaikan Kanit Idik Sat Reskrim Ipda Dwi Himawan Candra,Sik menyingkapi dan mengantisipasi aksi kejahatan ,Rabu (05/05) siang bersama KBO Sat Reskrim Ipda Bambang SH selaku narasumber dalam dialog interaktif Program “ POLISI KITA” kerjasama Polres Tegal Kota bersama Radio Gama FM yang digelar secara rutin setiap hari rabu mulai pukul 13.00 – 14.00 wib minggu pertama dan ketiga.

Oleh karenanya diharapkan kewaspadaan dari seluruh warga dimana bila selesai melakukan transaksi melalui ATM diusahakan tisak langsung meninggalkan lokasi, usahakan mengulangi transaksi kembali dengan memasukan kode yang salah namun jangan sampai 3 kali hingga nantinya terblokir  yang mana bila terekam tentunya tidak akan bisa digunakan oleh para pelaku .

“ Setelah uang diambil lebih baik lakukan transaksi lagi dengan masukan pasfords yang salah  dan cukup sekali dan bila muncul intruksi masukan pasfords yang benar lakukan cancel, sehingga kartu kita tidak terblokir  dan kartu dapat keluar “  ungkap Kanit Idik.

Hal demikian dimaksudkan mengantisipasi kemungkinan para pelaku ataupun orang yang tidak bertanggung jawab mencoba mencari kelengahan dari para korban selain juga diharapkan kewaspadaan dengan tidak mudah percaya dengan orang yang mengaku petugas atau call centre yang kadang juga ditempel oleh para pelaku, lebih baik menghubungi pihak Bank terdekat .

Sebelumnya dalam kesempatan tersebut juga KBO Sat Reskrim Ipda Bambang SH menyampaikan kondisi dan situasi kamtibmas secara umum termasuk penanganan dan pengungkapan kasus-kasus tindak pidana yang terjadi termasuk tindak kejahatan dalam rumah tangga (KDRT) yang mana diharapkan peran serta dari para orang tua agar lebih mengawasi dan memantau para pelajar.

Terkait kasus kejahatan yang terjadi beberapa waktu yang lalu disampaikan bahwa jajaran Polres Tegal Kota bersama pihak perbankan telah mengantisipasi dengan menyediakan layanan pengawalan bagi para nasabah yang akan mengambil uang melalui petugas di masing-masing Perbankkan ataupun bisa langsung mengubungi call centre Polres Tegal Kota namun hal tersebut kurang dimanfaatkan oleh para nasabah .

Kemudian berkaitan dengan pelaksanaan tugas disampaikan sebelah program pemantapan kerja 100 hari Kapolri yang akan diimplementasikan diantaranya Penataan dalam pembinaan personel, Penataan kelembagaan dan meningkatkan budaya antikorupsi, Peningkatan Profesionalisme anggota Polri , Peningkatan kesejahteraan anggota Polri dan pemenuhan sarana prasarana khusus dan Meningkatkan perlindungan terhadap Warga  Negara untuk peningkatan rasa aman.

Selanjutnya membangun partisipasi publik dalam pengamanan lingkungan , Menintensifkan sinergitas Polisional dengan Kementerian/Lembaga, Meningkatkan penegakan hukum yang profesional , Objektif dan bebas KKN , Mempersiapkan rencana pengamanan dan rencana kontijensi Pemilukada serentak, dan Penguatan pengawasan Polri serta Melaksanakan Quick Wins Polri.
  
Dalam mendukung pelaksanaanya Polres Tegal Kota bersama jajaran Kepolisian lainnya telah membentuk  7 ( tujuh ) Satuan Tugas yakni Satgas Rawan Kamtibmas , Satgas Brantas Premanisme dan kejahatan jalanan, Satgas Basmi Narkoba dan Perjudian, Satgas Brantas Korupsi, Satgas Sikat illegal Fishing, Satgas Tumpas Terorisme serta Satgas Polri Bersih.

Selain itu juga diharapkan peran serta seluruh warga masyarakat dengan mengajak menjadi Polisi bagi dirinya sendiri untuk mencegah tindak kejahatan yang dapat terjadi termasuk peran serta aktif masyarakat dalam memberikan informasi tindak kejahatan atau hal yang tidak sesuai aturan dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar