Selasa, 26 Agustus 2014

DARI TRADITIONAL POLICING KE COMMUNITY POLICING

Tegal Kota , Salah satu upaya yang digunakan guna mewujudkan Rencana Strategi Polri, adalah Perpolisian Masyarakat atau Community Policing dimana merupakan program optimalisasi bhabinkamtibmas dalam bentuk sistem pencegahan kejahatan di pemukiman dan komplek perumahan. Yang mana hal ini juga merupakan satu bentuk aktualisasi dari strategi polmas tersebut.

Pencegahan kejahatan merupakan dimensi pemolisian yang sedang berkembang saat ini di beberapa negara. Orientasi tugas polisi sudah bergeser dari Traditional Policing ke arah Community Policing dengan berbagai macam bentuknya.

Dalam mengurangi angka kejahatan, polisi tidak lagi menggunakan pendekatan tradisional, seperti dengan hanya meningkatkan jumlah polisi yang turun ke lapangan, menghadirkan patroli dalam frekuensi yang tinggi dan melakukan penegakan hukum secara masif. Namun, kini polisi dituntut untuk menyelesaikan akar persoalan kejahatan itu sendiri.

Menyelesaikan akar persoalan kejahatan itu sendiri dengan melakukan pendekatan yang lebih variatif dan melibatkan berbagai pihak. Cara ini dipandang jauh lebih efektif dalam mengurangi angka kejahatan selain cara ini juga melindungi masyarakat agar tidak menjadi korban kejahatan

Melalui program Sejuta Kawan “Jakwire Wong Tegal” Polres Tegal Kota yang berbasis komuniti ini dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal yang sudah ada dan hidup di masyarakat , diimplementasikan dalam bentuk sistem pencegahan kejahatan di lingkungan masyarakat melalui peningkatan Keimanan tentunya juga dengan tetap mengikutsertakan seluruh komponen masyarakat dengan semangat sinergitas kemitraan.

Hal tersebut diterapkan melalui Safari Keagamaan seperti Safari Sholat Shubuh dan Jumat keliling termasuk Safari Gereja yang digelar Kapolres Tegal Kota AKBP Bharata Indrayana,sik dan anggota bersama masyarakat di wilayah .

Dimana dalam kegiatan itu selain penyampaian pesan Kamtibmas maupun informasi yang sedang berkembang juga dialogis permasalah yang dihadapi berikut solusinya sehingga melalui peningkatan Keimanan setiap individu diharapkan tercipta situasi yang aman kondusif dimana bila ada Iman yang kuat  tentunya tidak akan melakukan perbuatan yang melanggar hukum terutama Keyakinan_Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar