Selasa, 19 Agustus 2014

KAPOLRES AJAK SEMUA ELEMEN BERSAMA SAMA CEGAH MASUKNYA PAHAM ISIS

Tegal Kota , mencegah masuknya paham dan idiologi Islamic State (IS) tentunya tidak mudah dimana karena Gerakan tersebut dilakukan melalui berbagai cara seperti mempengaruhi pola pikir masyarakat tertentu agar percaya dan masuk menjadi anggota termasuk media sosial akibat globalisai perkembangan tehnologi Internet sehingga diperlukan kebersamaan semua pihak.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Tegal Kota AKBP Bharata Indrayana , Sik , Senin (18/08) bertempat di ruang Adipura Balaikota Tegal dalam rangka rapat koordiansi pencegahan masuknya Paham Islamic State diwilayah Kota Tegal dihadapan Toga dan Tomas serta SKPD termasuk Walikota Tegal bersama Forkopimda Tegal lainnya.

Yang perlu disadari bahwa sasaranya adalah para pemuda yang secara ideologi belum kuat dalam pemahaman keyakinan serta masih mencari jati dirinya sehingga bila terdokrinasi jihad maupun isu-isu keagamaan lainnya akan mudah selain para pemuda maupun simpatisan yang memiliki intelektual tinggi dan keinginan Khilafah Islamiyah diseluruh dunia.

Namun dalam kenyataannya hal tersebut disalahartikan karena dalam suatu ayat Al quran bisa berbagai persepsi apalagi bila dipotong-potong sehingga pemahamanya tidak penuh serta dapat menyesatkan termasuk dalam paham tersebut menghalalkan segala cara dengan kekerasan yang mana tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran keislaman yang sebenarnya.

Penyebaran melalui internet sangat susah dibendung terkait Globalisai  dan semakin majunya teknologi masyarakat sekarang semakin terbuka dan mudah mengakses  hal tersebut dimana mereka dapat terkoneksi dengan lainnya baik melalui media sosial maupun situs-situs pemberitaan .

Dicontohkan Kapolres bahwa saat ini bila mencari tempat makan bukan menu atapun sajian namun yang ditanyakan ada Wifi ataupun jaringan internet “, dimana hal ini mengabarkan masyarakat sekarang membutuhkan keterbukaan informasi bahwa internet bukan suatu keinginan lagi namun sudah merupakan kebutuhan.

Sehingga dalam pencegahannya Kapolres mengajak semua elemen yang ada dan bekerja sama dengan aparat lainnya bersama mengelorakan dan melaksanakan kegiatan pencegahan terutama tokoh-tokoh agama dan masyarakat dilingkungan masing-masing.


Terkait hal tersebut Kapolres dan  jajaran Polres Tegal Kota bersama TNI termasuk para Kapolsek dan anggota bhabinkamtibmas dengan melibatkan perangkat kelurahan melakukan deteksi dini, pemetaan  termasuk pemberdayaan Polmas mengiatkan sambang , penyuluhan dan pembinaan serta menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh agama selain merespon setiap informasi yang ada dan patroli maupun penjagaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar