Rabu, 16 November 2016

Ciptakan Suasana Kondusif, Elemen Masyarakat di Kota Tegal Deklarasi Kebhinekaan Cinta Damai

Tegal Kota, Jajaran Kepolisian Resor Tegal Kota bersama sejumlah elemen dari berbagai instansi dan ormas di Kota Tegal mengelar Apel besar dan Deklarasi Kebhinekaan Cinta Damai di halaman Mapolres. Rabu (16/11/2016).

Apel besar ini dipimpin langsung Kapolres Tegal Kota, AKBP Firman Darmansyah,SIK dengan mengambil tema “Melalui Hikmah Hari Pahlawan ke-71 tahun 2016, Kita Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI yang kokoh”.

Kapolres Tegal Kota, AKBP Firman Darmansyah,SIK mengharapkan dengan adanya deklarasi ini membuat persatuan dan kesatuan masyarakat Kota Tegal semakin erat. "Situasi kita sudah kondusif, agar semakin kondusif dengan bersatunya semua elemen masyarakat ini," ungkap AKBP Firman Darmansyah.

Menurutnya apel besar Kebhinekaan Cinta Damai dilakukan sebagai bentuk penyataan sikap seluruh lapisan masyarakat di Kota Tegal untuk bersama-sama menjaga NKRI dari pihak-pihak yang ingin memecah belah dengan menyebarkan isu serta teror-teror terhadap keutuhan yang selama ini sudah terjaga dengan baik.

Sementara Ketua Makin Tegal, Lie Ing Liong atau yang dikenal Gyong Gyong mengungkapkan kegiatan ini dinilai sangat baik. Sebab semua elemen masyarakat seperti tokoh agama, tomas, toda, ormas termasuk LSM dan aparat keamanan bisa saling mengenal dan berkoodinasi.

Menurutnya dirinya yakin, mudah-mudahan wilayah ini tidak terjadi kejadian atau aksi-aksi seperti yang terjadi di wilayah lainnya. Mudah-mudahan tidak terjadi , karena sudah terjalin kerjasama dan koordinasi, bicara dari hati kehati sehinda tercipta toleransi bersama,” ungkapnya.

Harapanya bila ada kejadian yang dapat memancing permusuhan atau akan memecah belah persatuan dan kesatuan dapat segera diantisipasi bersama.” Setidaknya kegiatan Deklarasi ini untuk mewujudkan cinta kepada Kota Tegal sehingga aman dan kondusif,” tuturnya.

Dalam Apel ini, Kapolres bersama seluruh peserta membacakan Ikrar deklarasi apel besar Kebhinekaan Cinta Damai berisi 4 point pernyataan yang menyatakan seluruh elemen dan warga masyarakat siap meneruskan Cita-Cita Pahlawan dengan Semangat Kebhinekaan.

Kemudian siap Menjaga Kerukunan Umat Beragama serta selalu siap menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif di Masyarakat Kota Tegal dan Siap Menjaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa serta menjaga Keutuhan dan Keamanan NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar