Selasa, 26 Desember 2017

Jelang Malam Natal di Kota Tegal, Kapolres Pimpin Sterilisasi Gereja

Pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 menjadi perhatian serius jajaran Polres Tegal Kota bersama unsur pengamanan lainnya. Selain pengelaran dan penempatan personel, Minggu (24/12/2017) Polres mengelar sterilisasi dengan menerjunkan anjing Satwa pelacak khusus bahan peledak.


Sejumlah tempat di setiap sudut gereja diperiksa sebagai antisipasi adanya sesuatu yang bisa merusak suasana ibadah. Salah satunya di Gereja Hati Kudus jalan Kapten Ismail Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal, yang langsung dipimpin Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly Arianto,SIK.

“Kemarin semua gereja sudah dilakukan sterilisasi, Namun siang ini kembali kita lakukan sterilisasi ulang, untuk memastikan gereja-gereja tersebut siap digunakan beribadah, ” terang Kapolres didampingi Wakapolres Kompol Pri Haryadi,SH bersama Danramil 01/TB Tegal, Kapten Arm Suroso.

 
Kapolres menjelaskan langkah-langkah yang dilakukan pihaknya dalam pengamanan malam natal yaitu melakukan penyisiran mulai dari halaman sekitar gereja hingga setiap sudut ruangan, termasuk deretan kursi yang akan digunakan para jemaat dengan menggunakan alat “ Metal Detector “ selain mengerahkan dua ekor anjing pelacak Unit K-9. 

 
 
Menurutnya hal ini dilakukan untuk menjaga segala kemungkinan yang tidak kita inginkan. Kemudian saat akan berlangsungnya kegiatan keagamaan tersebut, pihak keamanan dan gereja juga akan melakukan upaya – upaya preventif. Contohnya seperti mengecek barang barang jemaah yang akan melaksanakan kegiatan agama.

“Kita tidak mau underestimate, kita harus menjaga keamanan kegiatan agama serta memastikan tidak adanya barang-barang yang berbahaya, sehingga masyarakat yang datang  dapat melaksanakan beribadahnya dengan tenang," tegasnya.

Beberapa gereja maupun tempat ibadah yang yang menjadi sasaran antara lain Gereja Hati Kudus , Gereja Maranata dan Gereja Mahanaim yang berlokasi di Jalan Kapten Ismail Kota Tegal dan Gereja Kristen Jawa (GKJ) , Gereja Ayalon serta Gereja Tiberias di Jalan Dr Sutomo Kota Tegal.

" Ada 23 gereja di Kota Tegal dan semuanya sudah dilakukaan pengecekan. Hingga saat ini gereja-gereja tersebut dalam keadaan aman dan siap untuk digunakan beribadah malam nanti," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar