Rabu, 29 April 2015

APEL SATGAS DLM RANGKA PROGRAM PRIORITAS KAPOLRI DAN QUICK WINS DI POLRES TEGAL KOTA

Tegal Kota, dalam rangka melaksanakan perintah Kapolri Jendral Pol Badrudin Haiti pada Vicon (Video Conference) yang digelar pada hari selasa (28/04) tentang pelaksanaan program prioritas Kapolri dan program quick wins juga kesiapan Mayday hari buruh nasional tanggal 1 Mei 2015  secara serentak di seluruh indonesia maka Polres Tegal Kota pada hari Rabu (29/04) pukul 08.00 wib mengadakan gelar apel satgas dalam rangka pelaksanaan program prioritas Kapolri dan program quick wins bertempat di halaman Mako Polres Tegal Kota.

Giat ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tegal Kota AKBP Bharata Indrayana,S.I.K. dan diikuti oleh seluruh personil Polres Tegal Kota. Dalam sambutannya oleh Kapolres Tegal Kota AKBP Bharata Indrayana,S.I.K. mengatakan bahwa giat apel satgas ini dilaksanakan untuk mengantisipasi keadaan situasi kamtibmas khususnya pada bulan mei ini dimana banyak terdapat even-even nasional yang dimungkinkan akan menjadi ajang untuk unjuk rasa. Dimulai pada tanggal 01 mei hari buruh/mayday dan hari hari besar lainnya yang bisa digunakan sebagai ajang untuk menyalurkan aspirasi masyarakat / unjuk rasa. Tingkat kerawanan paling tinggi adalah pada saat hari buruh internasional atau dikenal dengan istilah Mayday. Dimana diperkirakan pada tanggal 01 mei ini di jakarta pada khususnya akan turun ratusan ribu buruh yang akan menyampaikan aspirasinya dengan cara melakukan long march dari bundaran HI menuju ke Istana Kepresidenan di Jakarta.

Sedangkan di Kota Tegal sendiri belum ada indikasi akan terjadinya aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh para buruh yang ada di Kota Tegal. hal ini dikarenakan kemarin sudah dilakukan pertemuan internal antara Pemkot dengan perwakilan dari Buruh yang ada di Kota Tegal serta dengan Polres yang menyebutkan bahwa perwakilan buruh di Kota Tegal belum mempunyai rencana untuk melakukan unjuk rasa,namun tidak tertutup kemungkinan akan dilaksanakan aksi damai. Oleh karena itu Kapolres menghimbau setiap anggotanya untuk tidak boleh lalai serta under estimate selalu siaga dan waspada.

Dalam sambutannya Kapolres juga menyebutkan bahwa terkait dengan eksekusi mati terpidana narkoba yang berlangsung di nusakambangan cilacap untuk mengantisipasi gejolak dan gelombang-gelombang gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi akibat dari eksekusi tersebut. seperti yang diketahui lewat media massa bahwa eksekusi ini banyak menimbulkan polemik pro dan kontra, maka sebagai aparat kepolisian harus siap sedia dan waspada akan segala bahaya dan ancaman yang mungkin akan timbul.

Selain itu Kapolres juga menyebutkan bahwa Polres Tegal Kota siap melaksanakan dan rangka mendukung 11 (sebelas) program prioritas Kapolri yang harus dilaksanakan oleh seluruh jajaran kepolisian Republik Indonesia. Yang pada intinya sebagian besar program prioritas Kapolri ini menyangkut kehadiran Polri didalam masyarakat yang dirasakan manfaatnya akan membawa efek aman dan nyaman di masyarakat. Oleh karena itu dibentuklah satgas-satgas tersebut agar tugas Polri lebih terfokus lagi dalam melindungi,mengayomi, dan melayani masyarakat.
Adapun 11 program prioritas Kapolri antara lain :

1.      Program penataan dalam pembinaan personil.
2.      Program penataan kelembagaan dan meningkatkan budaya anti korupsi.
3.      Program peningkatan profesionalisme anggota Polri.
4.      Program peningkatan kesejahteraan Polri dan Pemenuhan Sarpras khusus
5.     Program peningkatan perlindungan terhadap warga negara untuk peningkatan  rasa     aman.
6.      Program membangun partisipasi publik dalam pengamanan lingkungan.
7.      Program mengintensifkan sinergitas polisional dengan kementerian/lembaga
8.     Program Meningkatkan penegakan hukum yang profesional, obyektif dan bebas KKN.
9.   Program mempersiapkan rencana pengamanan dan rencana kontijensi pemilukada  serentak.
10.   Program penguatan pengawasan Polri.
11.   Program pelaksanaan quick wins Polri.

Maka dalam rangka mendukung program prioritas Kapolri ini maka dibentuklah 7 (tujuh) satgas yang antara lain terdiri dari:
1.    satgas I Satgas rawan kamtibmas
2.    Satgas II Brantas premanisme dan kejahatan jalanan
3.    Satgas III Basmi narkoba dan perjudian
4.    Satgas IV Brantas korupsi
5.    Satgas V Sikat illegal fishing
6.    Satgas VI Tumpas terorisme
7.    Satgas VII Polri Bersih

Pada giat apel gelar satgas ini juga berlangsung secara simbolis penyematan pita kepada personil Polres Tegal Kota oleh kapolres Tegal Kota dan juga Kapolres sebagai Pimpinan Upacara melaksanakan pengecekan kesiapan pasukan dan kendaraan dinas Polres Tegal Kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar