Selasa, 14 April 2015

PULUHAN SOPIR DAN AWAK KENDARAAN JALANI TES URINE, " OPS SIMPATIK CANDI 2015"


Tegal Kota, Puluhan pengemudi berikut awak angkutan umum baik lintas antar provinsi maupun dalam provinsi serta angkutan kota mengikuti tes urine yang dilakukan oleh jajaran Sat lantas bersama Dokkes Polres Tegal Kota dalam rangka Ops Simpatik Candi 2015, Selasa (14/04) bertempat di Terminal Bus Tegal.

Satu persatu para sopir dan awak angkutan sebelum berangkat mengemudikan armada kendaraan  dipersilakan masuk ke pos pelayanan yang selanjutnya dilakukan test petugas kesehatan yang dipimpin dr Henny Ismaiwati diantaranya tekanan darah dan amfetamin, gula darah dan alkholol termasuk tes urine.

Kapolres Tegal Kota AKPB Bharata Indrayana,Sik melalui Kasat lantas AKP Agus Triyono,SH menuturkan, kegiatan tes urine terhadap sopir angkutan umum sangaja dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan maupun mental para sopir ataupun pengemudi dalam keadaan sehat apalagi mengkonsumsi obat-obatan terlarang yang tentunya sangat berbahaya.

Para pengemudi angkutan umum ini bertanggung jawab besar termasuk resikonya karena membawa orang banyak, sehingga sopir harus dipastikan dalam keadaan sehat dalam perjalanan,dimana selain di tes urine kesehatan para pengemudi juga kami lakukan tes," ungkapnya.

Pemeriksaan berlaku untuk seluruh pengemudi bus jarak jauh termasuk angkutan dalam kota yang mana hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkecil potensi kecelakaan lalu lintas yang kita sama-sama tahu salah satu penyebab kecelakaan adalah human eror, yakni sopir.  karena itu, kondisi kesehatan sopir angkutan harus diperiksa untuk menjamin keselamatan penumpang.

Selanjutnya jika ada sopir yang ketahuan tidak dalam kondisi sehat ataupun dalam pengaruh alkohol nantinya tidak akan diizinkan membawa kendaraan dimana larangan ini bentuknya pencegahan sebagai langkah antisipasi termasuk bila kedapatan positif mengkonsumsi narkoba sebelum terjadi hal yang berakibat fatal kita akan proses lebih lanjut sesuai hukum yang berlaku.

Selain pemeriksaan kesehatan dalam kesempatan tersebut juga disampaikan penyuluhan dan pembinaan dengan menginggatkan kembali keselamatan berlalu lintas untuk selalu berpikir jauh kedepan , mematuhi aturan lalulintas dan ketika berkendara memiliki sikap kewaspadaan, kesadaran, sikap mental serta mengantisipasi dalam berlalu lintas dimana dalam semua aspek kegiatan Keselamatan adalah yang nomor 1.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar