Rabu, 21 Mei 2014

CEGAH PENYAKIT HIV/AIDS , POLRES GELAR SOSIALISASI PENANGGULANGAN DAN PENYEBARAN

Tegal Kota, sebagai upaya pembekalan dan memberikan pengetahuan guna mencegah serta menanggulangi penyebaran dan bahaya penyakit HIV/AIDS , Rabu (21/05) bertempat di ruang Deviacita digelar Sosialisasi dilingkungan Polres Tegal Kota . 

Kegiatan digelar oleh Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Tegal dihadiri dan dibuka Wakil Walikota Tegal H Nursoleh,S.pd diikuti Kabag Sumda Kompol Umar Sanusi bersama para Panit Binmas dan anggota Bhabinkamtibmas serta perwakilan anggota dari masing-masing bagian dan satuan termasuk Urkes BP Polri Polres Tegal Kota. 

Selain itu kegiatan dimaksudkan sebagai upaya kemitraan Polres bersama Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Tegal dalam memberikan penyuluhan dan pembinaan maupun sosialisasi kepada warga masyarakat nantinya melalui anggota Bhabinkamtibmas dilingkungan wilayah binaan masing-masing. 

Dalam penyampaian materi yang diberikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Dr. Moehammad Hafidz, M.kes menerangkan Kebijakan program pencegahan dan penanggulangan HIV/Aids di Kota Tegal diantaranya tentang HIV: Human Immunodeficiency Virus yakni Virus yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh manusia serta penyakit yang muncul setelah serangan virus tersebut. 

Selain itu mengapa HIV/AIDS perlu dikendalikan dan dicegah menginggat bila tidak dilakukan upaya pencegahan maka laju penularan dapat dengan sangat cepat menyebar disamping belum semua lapisan masyarakat mengetahui cara penularan HIV dan bagaimana cara mencegahnya termasuk sampai saat ini, vaksin untuk pencegahan dan obat utk penyembuhan belum ditemukan. 

Kemudian dalam upaya pengendalian HIV-AIDS dilaksanakan secara Komprehensif meliputi beberapa upaya diantaranya Promotif , Preventif, Kuratif, Rehabilitatif dengan melibatkan dukungan sektor seluruh terkait, civil society organization termasuk swasta dan tokoh masyakat, mulai dari hulu . 

Data kasus HIV/Aids di kota Tegal yang terjadi dari tahun 2008 hingga 2014 sebanyak 105 kasus ( HIV 58 kasus dan 47 kasus Aids) dimana hingga sampai tahun 2013 terdapat 24 Kasus diantaranya Meninggal Dunia. 

Selanjutnya dalam penanganan telah disiapkan Klinik IMS yang terdapat di seluruh Puskesmas yang ada di Kota Tegal serta Klinik VCT/KTS yang berada di RSUD Kardinah Kota Tegal. 

Diharapkan kepada semua masyarakat yang peduli dalam Penanggulangan HIV – AIDS termasuk personel Polres Tegal Kota untuk selalu menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga sehingga terbebas dari bahaya HIV/AIDS (humasopsrestegalkota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar