Selasa, 16 Desember 2014

PENUTUPAN PELATIHAN DASAR SATPAM " GADA PRATAMA" ANGKATAN XXVIII , SEORANG PESERTA TIDAK LULUS

Tegal Kota, setelah empat belas hari mengikuti Pelatihan Dasar Satuan Pengamanan (SATPAM) ,  1 (satu) orang peserta dari 52 Peserta Pelatihan dinyatakan Tidak Lulus dikarenakan tidak dapat memenuhi Jumlah dan Waktu Pelatihan yang telah digelar sejak Selasa (02/12) hingga Selasa (16/12) kemarin.

Hal tersebut disampaikan Waka Polres Tegal Kota Kompol Valent Asmoro,Sik , Selasa (16/12) saat menutup Pelatihan Dasar Satpam Dasar Satpam “ GADA PRATAMA” Tingkat Polda Jateng angkatan XXVIII tahun 2014 di Gedung Bhayangkari yang dihadiri oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek serta Pembina dan Peserta Pelatihan.

Dalam sambutannya Wakapolres menyampaikan dimana sesuai UU No 2 Tahun 2002 tentang Polri bahwa dalam mengemban tugas , Polri dibantu diantaranya bentuk-bentuk Pengamanan Swakarsa seperti halnya Satpam menjaga Keamanan dan Ketertiban masyarakat.

Hal ini jelas bahwa secara hukum keberadaan Satpam adalah syah dalam mengemban Tugas Kepolisian terbatas dimana dengan semakin tingginya angka pertambahan penduduk tentunya masalah yang muncul juga semakin banyak termasuk gangguan Kamtibmas.

Perkembangan teknologi yang menghasilkan berbagai perangkat keamanan tetap tidak dapat mengantikan peran Satpam dalam hal Pam Swakarsa dimana teknologi hanya perangkat yang tidak mempunyai hati nurani berbeda dengan manusia yang mempunyai otak , otot dan hati nurani.

Oleh karenanya setiap personel Satpam harus benar-benar mengetahui akan tugas , fungsi dan peranannya dengan tidak terkesan hanya sebagai penjaga tetapi juga dituntut mampu memberikan Pelayanan yang baik kepada setiap orang dimana bertugas nantinya.

Selain itu Wakapolres juga berharap agar para peserta terus tumbuh kembangkan Disiplin dan kemampuan dalam segala hal maupun kehidupan sehari-hari nantinya seperti apa yang telah dilaksanakan selama dalam pelatihan serta tanamkan kepekaan dan kepedulian terhadap faktor Keamanan.

Selesai kegiatan dilanjutkan dengan ucapan selamat dan ramah tamah yang sebelumnya dilakukan pelepasan tanda peserta oleh Wakapolres kepada perwakilan peserta Trenginas yakni Ahmad Abdul Haq dari Satuan Pengamanan Bank Muamalat Kota Tegal.


1 komentar: