Selasa, 03 Maret 2015

AUDIENSI BERSAMA PNKT, KAPOLRES AJAK WARGA NELAYAN JAGA KONDUSIFITAS BERSAMA


Tegal Kota , menyikapi kejadian yang berkembang saat ini berupa aksi demo para nelayan dibeberapa daerah yang berakhir anarki , Rabu (05/03) mulai pukul 10.00 wib Jajaran Polres Tegal Kota mengelar pertemuan dengan masyarakat nelayan Tegal bertempat di Kantor Sekretariat PNKT komplek pelabuhan perikanan Jonggor Tegal.

Pertemuan dihadiri Kapolres Tegal Kota AKBP Bharata Indrayana,SIK bersama Kabag Ops, Kapolsek Tegal Barat dan Kasat Intelkam serta Ketua PNKT H Eko Susanto, Agus Susanto Fraksi PDI-P DPRD Tegal, Tokoh Masyarakat Nelayan H. Tambari Gustam termasuk dihadiri ratusan warga dan nelayan lainnya.

Kapolres menyampaikan beliau bersama seluruh jajaran bisa ikut merasakan apa yang menjadi kegalauan dan keresahan yang sedang dialami para nelayan dimana hal ini berhubungan dengan masalah ekonomi kelangsungan hidup keluarganya yang tergantung yang berprofesi sebagai nelayan.

Namun semua itu telah disepakati bersama dimana Kota Tegal merupakan wilayah dan kampung halaman bersama Nelayan dan Keluarganya melakukan kehidupan dan aktifitas sehari-hari, sehingga kewajiban bersama untuk menjaga situasi tetap aman kondusif dimana bila hal tersebut terwujud tentunya saat para nelayan melakukan aktifitas melaut akan merasa tenang.

Kemudian terkait penolakan nelayan terhadap Permen nomor 2 , Kapolres menyampaikan pada prinsipnya sebagai aparat penegak hukum berkewajiban menjaga situasi aman dan kondusif selain itu juga mengapresiasi dan sangat bangga terhadap Nelayan Tegal dimana selama melaksanakan aksi namun berjalan dengan aman dan kondusif berbeda dengan daerah lainnya yang berujung anarkis konflik dengan aparat keamanan.

Hal ini menunjukan adanya kesadaran hukum dari warga nelayan yang selanjutnya Kapolres berharap terus dipertahankan jangan sampai terprovokasi sehingga terjadi kejadian seperti dibeberapa daerah lainnya, yang mana tujuan terpenting dari semua ini adalah Peraturan pemerintah tersebut dapat direvisi dan nelayan dapat melaut dengan tenang dan dilindungi oleh aparat keamanan.

Kemudian menangapi adanya beberapa sms yang ditujukan kepada Nelayan Tegal tidak kompak dan lemah , Kapolres menghimbau dan mengharapkan hal tersebut tidak ditanggapi karena bila saat ini sampai terjadi aksi turun kejalan hingga anarkis konflik dengan aparat keamanan tentunya akan merugikan dan berdampak selain kepada nelayan sendiri termasuk keluarganya manakala diproses hukum.

Selanjutnya setelah semua langkah dan upaya telah dilakukan oleh PNKT bersama seluruh elemen masyarakat nelayan melalui aksi penyampaian aspirasi baik ke Walikota hingga bersama nelayan lainnya di Kantor Kementrian Kelautan serta DPR RI , Kapolres menghimbau agar semua usaha tersebut diikuti dengan permohonan doa bersama kepada Allah SWT sehingga in shaa allah harapan tersebut dapat terwujud.

Kemudian disampaikan H Tambari Gustam dirinya mengapresiasi Kapolres bersama jajaranya yang telah membantu mengamankan termasuk mengawal rombongan Nelayan saat melakukan aksi dijakarta, dirinya mendukung usulan dari Kapolres dan atas kesepakatan bersama akan mengelar doa Istighotsah bersama jumat (06/05) mendatang.

Hal tersebut senada dengan yang disampaikan Kapolres dimana segala upaya dari penyampaian surat, melobi ke komisi DPR RI serta beraudiensi hingga mengelar aksi damai seluruh nelayan namun belum ada hasil yang diharapkan sehingga agar usaha dan ihktiar dapat terwujud diperlukan doa bersama.

Selain itu dirinya bersama warga nelayan sepakat tidak jadi turun kejalan yang mana sebelumnya direncanakan akan melaksanakan aksi menutup pantura dengan membakar tambang , namun sejalan dengan slogan Polmas “ Jakwire Wong Tegal “ yang mana polisi adalah teman sendiri sehingga bersama-sama akan ikut menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah Kota Tegal.

Selanjutnya selama kegiatan ikut hadir puluhan personel termasuk peleton dalmas mengamankan lokasi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan hingga selesai kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar