Selasa, 08 September 2015

KAPOLSEK MENGAJAK PERAN AKTIF WARGA DALAM KEAMANAN LINGKUNGAN

Tegal Kota, Salah satu bagian terpenting dalam pemeliharan  keamanan lingkungan adalah peran serta aktif masyarakat. Dalam hal ini , partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan diwujudkan dalam bentuk Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) yang dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan warga dalam menjaga lingkungan selain sebagai sarana bersilaturahmi antar warga.

Kegiatan tersebut diharapkan terus ditingkatkan dimana dalam Globalisasi sekarang ini membuat perubahan dalam kehidupan masyarakat menjadi konsumtif yang mana perilaku ini membuat sifat merasa tidak cukup sehingga yang berakibat ingin memiliki benda dengan berbagai cara yang kadang hingga melanggar hukum. Dalam hal ini seperti mencuri atau mengambil milik orang lain.

Sehingga bila hal tersebut sampai terjadi tentunya akan merugikan orang lain termasuk membuat keresahan dilingkungan adanya gangguan Kamtibmas, Oleh karenanya melalui kegiatan Siskampling dengan melibatkan peran aktif langsung masyarakat hal ini tentunya dapat diminalisir.

Hal ini disampaikan Kapolsek Tegal Barat Kompol Siti Murbani,SH dalam pertemuan bersama warga masyarakat Rt 03/08 Kelurahan Pesurungan Kidul , Minggu (06/09) malam bertempat di rumah bapak Udin salah satu warga yang juga dihadiri Panit Binmas Ipda Prihadi  bersama anggota Bhabinkamtibmas Aiptu Mujiyanto dan Babinsa Kelurahan Pesurungan Kidul Kecamatan Tegal Barat Tegal.

Saat ini diperlukan peran aktif warga dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan karena selain mengamankan diri sendiri juga diharapkan tidak bersikap masa bodoh dengan situasi dan keamanan lingkungannya.

Hal senada disampaikan Bhabinkamtibmas Aiptu Mujiyanto bahwa Siskampling atau ronda banyak sekali manfaatnya tidak hanya dapat mencegah niat orang yang tidak bertanggung jawab namun juga mencegah berbagai hal yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas lainnya , sehingga dirinya mengajak warga masyarakat untuk lebih berperan serta secara aktif bersama-sama menjaga lingkungan dengan mengiatkan kembali Siskampling dilingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar