Rabu, 02 September 2015

SENJATA ORGANIK POLRES TEGAL KOTA DIUJI BALISTIK


Tegal Kota, Mengantisipasi adanya penyalahgunaan senjata api serta memeriksa kelayakannya , ratusan senjata api organik Polres Tegal Kota tidak hanya yang digunakan anggota dalam menjalankan tugas tapi juga yang disimpan di gudang diuji balistik oleh Tim Laboratoirum Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Semarang yang dipimpin Kabid Balistik dan Materialistik AKBP Drs Teguh Prihmono , Senin (31/08).

Pemeriksaan rutin terus dilakukan setiap satuan mulai dari uji administrasi yakni meliputi nomor seri, merk, pemakai dan tempat dan keberadaan  hingga fisik dan uji mental serta psikolog. adapun uji balistik di Polres Tegal Kota berlangsung selama dua hari terhitung Senin (31/8) hingga Selasa (1/9) besok.

Pemeriksaan meliputi senjata api genggam jenis CPPS, RIVI, Colt DIT, Colt Cobra, Taurus, S&W 2 dan S&W4 serta CPP 30 SPC dimana Uji balistik sendiri dilakukan dengan mengisi peluru setiap senjata yang  selanjutnya ditembakkan ke dalam Shooting Box semacam kotak besi yang nantinya sample proyektil untuk dijadikan pembanding di database

Ketua Tim AKBP Drs Teguh Prihmono menyampaikan bahwa dengan pemeriksaan uji balistik tersebut akan diketahui kelayakan senjata. Demikian juga, jika ditemukan adanya kerusakan atau tidak layak digunakan dapat diketahui lebih dini. Selain itu dengan uji balistik tersebut apabila ada penyalahgunaan senjata bisa dideteksi hal itu berdasarkan dari pemeriksaan proyektil yang ditembakkan .

Pemeriksaan itu juga untuk mengetahui kelayakan senjata sehingga apabila ada kerusakan atau tidak layak bisa diketahui lebih dini termasuk pengecekan terhadap anggota yang membawa senjata itu terkait dengan surat-surat ataupun kelayakan anggota itu sendiri karena tidak semua anggota diperbolehkan membawa senjata api.

Selanjutnya setelah diketahui hasilnya apabila ada yang rusak langsung dipisahkan adapun senjata api yang kondisinya masih layak setelah diuji coba langsung dimasukkan kembali kedalam gudang .

Selama pemeriksaan ikut hadir mendampingi Kompol Suyono,SH,MH Kaur Gakkum Subbid Provos Propam Polda Jateng bersama Kasi Propam Polres Tegal Kota dan Kasubbag Sarpras Polres Tegal Kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar